Knowledge Sharing KPU DIY Bahas Pengenalan Aplikasi SAKTI Full Modul
diy.kpu.go.id – Selasa (22/06), Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mengadakan Knowledge Sharing. Acara dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh Komisioner serta seluruh jajaran Sekretariat KPU se-DIY. Kegiatan dua mingguan tersebut dipandu oleh Kepala Bagian Program, Data, Organisasi dan SDM Sekretariat KPU DIY, Bambang Gunawan. Knowledge sharing kali ini dengan materi Pengenalan Aplikasi SAKTI full modul.
Materi tentang SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) dipandang perlu disampaikan agar seluruh jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU DIY dapat mengenal aplikasi SAKTI, yaitu sistem terintegrasi yang merupakan gabungan dari aplikasi RKAKL DIPA, SIMAK BMN, Persediaan, SAS, Silabi dan SAIBA.
SAKTI, menurut Indra Yudistira yang bertindak sebagai narasumber, merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi Satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.
Kepala Sub Bagian Keuangan KPU DIY juga menjelaskan perbedaan SAKTI dengan Aplikasi yang digunakan oleh Satker sebelumnya. Perbedaan tersebut ada pada aplikasi SAKTI menggunakan satu database terpusat, memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan adanya proses enkripsi/dekripsi Arsip Data Komputer (ADK), dapat di-install di beberapa operating system (misal Windows, Linux), lebih mudah digunakan (user friendly), dapat dijalankan dalam spesifikasi PC/Laptop yang minimum dan kinerja aplikasi yang lebih konsisten.
Indra juga menjelaskan bahwa aplikasi SAKTI merupakan aplikasi Single Entri Point dimana suatu transaksi cukup sekali input dan apabila dibutuhkan oleh modul terkait, data tersebut akan dipanggil tanpa harus dilakukan penginputan ulang oleh modul yg dibutuhkan.
Dalam kesempatan yang sama, Hamdan Kurniawan selaku Ketua KPU DIY memberi masukan agar dalam setiap aplikasi KPU sudah mempunyai SDM yang handal, Sekretaris diminta untuk menyiapkan SDM tersebut.(pdos)