Supervisi Pengelolaan Dokumen Teknis KPU Kabupaten Sleman dan KPU Kota Yogyakarta

Supervisi Pengelolaan Dokumen Teknis KPU Kabupaten Sleman dan KPU Kota Yogyakarta

diy.kpu.go.id – Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY), Moh Zaenuri Ikhsan melaksanakan supervisi pengelolaan dokumen teknis di KPU Kabupaten Sleman dan KPU Kota Yogyakarta, Kamis (23/09).

Dalam koordinasinya, Ikhsan meminta agar KPU Kabupaten/Kota menyampaikan progres inventarisasi pengelolaan dokumen teknis Pemilu 2019 serta menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya.

Pelaksanaan supervisi di KPU Kota Yogyakarta diterima oleh Anggota KPU Kota Yogyakarta, Bashori Alwi, bersama Sekretaris KPU Kota Yogyakarta, Analis Primadani, dan Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Sekretariat KPU Kota Yogyakarta, Lia Ekawati Agustina.

Merespon tindak lanjut pengelolaan dokumen teknis di KPU Kota Yogyakarta, Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Sekretariat KPU Kota Yogyakarta, Lia, menyampaikan bahwa dalam pengelolaan softcopy dokumen telah menggunakan hardcopy dokumen Pemilu yang asli dan sah. Ia mengungkapkan bahwa penyimpanan softcopy masih dilakukan secara manual melalui eksternal harddisk. Lanjut Lia, untuk proses selanjutnya KPU Kota Yogyakarta masih mengumpulkan dan menata beberapa dokumen Pemilu dalam bentuk hardcopy.

Pada kesempatan lain, pelaksanaan supervisi di KPU Kabupaten Sleman diterima oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Noor Aan Muhlishoh. Beliau menjelaskan bahwa KPU Kabupaten Sleman telah melaksanakan rapat evaluasi progres pengelolaan dokumen teknis dan sebagian besar inventarisasi dilakukan terhadap dokumen teknis Pemilu 2019 dan Pemilihan 2020. Dokumen teknis yang masih dilakukan penataan baik hardcopy dan softcopy diantaranya meliputi dokumen terkait pedoman teknis kampanye, logistik dan rekapitulasi daftar pemilih. Aan menuturkan kendala masalah pelaksanaan pengelolaan dokumen teknis sudah disampaikan dalam daftar inventarisasi dokumen teknis KPU Kabupaten Sleman. Pada saat penataan yang dilakukan, kendala lain yang ditemui yaitu pada penamaan beberapa dokumen teknis yang nomenklaturnya berbeda dengan aturan saat ini, disesuaikan dengan peraturan yang berlaku saat itu.(hth)