SOSIALISASI PERUBAHAN TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2020

SOSIALISASI PERUBAHAN TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2020

diy.kpu.go.id – Dengan adanya penundaan tahapan Pemilihan Tahun 2020 akibatĀ  penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19, KPU menerbitkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020. Peraturan KPU ini mengatur tentang perubahan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. Terkait perubahan ini, KPU DIY memandang perlu menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 secara virtual, Kamis (25/6).Sosialisasi ini mengundang Bawaslu DIY, Instansi Pemangku Kepentingan, Perwakilan Partai Politik di DIY dan media.

Dalam pembukaan sosialisasi, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa tahapan dimulai kembali dengan ditandai pengaktifan kembali Badan Ad hoc. Sebelumnya Badan Ad hoc sudah dilantik dan sudah mulai melaksanakan tugas penyelenggara pemilu. Saat ini, KPU RI sedang menyiapkan regulasi yang mengatur pelaksanaan semua tahapan dalam situasi bencana non alam. Semua tahapan Pemilihan Tahun 2020 harus menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. KPU tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Sesi selanjutnya pemaparan materi dari Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY, Ahmad Sidqi yang menyatakan bahwa perlu adanya wawasan yang sama tentang perubahan tahapan dan jadwal Pemilihan Tahun 2020. Perubahan waktu dan standar protokol kesehatan ini perlu diperhatikan bagi penyelenggara, para instansi terkait serta peserta Pemilihan Tahun 2020 untuk. Dalam diskusi, Bawaslu DIY menambahkan bahwa terkait sanksi terkait pelanggaran protokol kesehatan masih menunggu Peraturan KPU tentang protokol kesehatan penyelenggaraan pemilihan umum dalam kondisi bencana non alam. (Admin/Foto:Hupmas)

Sosialisasi Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 dapat diunduh disini.
Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 dapat diunduh disini.