Rapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Juli Tahun 2021  Daerah Istimewa Yogyakarta

Rapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Juli Tahun 2021 Daerah Istimewa Yogyakarta

diy.kpu.go.id – KPU DIY pada hari Senin (9/8) telah melaksanakan Rapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Juli Tahun 2021 Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, serta Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

Sesuai dengan surat tersebut, KPU DIY diwajibkan untuk melakukan Rapat Koordinasi serta Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan per bulan. Hasil rekapitulasi tersebut kemudian disampaikan kepada Partai Politik, Bawaslu, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. KPU DIY juga mengumumkan rekapitulasi tersebut pada laman website dan/atau media sosial.

Rapat dibuka oleh ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan dan selanjutnya dipandu oleh Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU DIY Wawan Budiyanto. Hasil dari kegiatan tersebut menetapkan bahwa hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Juli Tahun 2021 adalah sebanyak 2.714.863 (dua juta tujuh ratus empat belas ribu delapan ratus enam puluh tiga) pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 1.320.305 (satu juta tiga ratus dua puluh ribu tiga ratus lima) pemilih, dan pemilih perempuan berjumlah 1.394.558 (satu juta tiga ratus Sembilan puluh empat ribu lima ratus lima puluh delapan) pemilih, yang tersebar di 5 (lima) Kabupaten/Kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.(pdos)