Rapat Evaluasi Capaian Kinerja KPU DIY Triwulan II Tahun 2021

Rapat Evaluasi Capaian Kinerja KPU DIY Triwulan II Tahun 2021

diy.kpu.go.id – KPU DIY pada hari Rabu (4/8) melakukan pembahasan evaluasi capaian kinerja KPU DIY Triwulan II Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan implementasi sistem manajemen pemerintahan yang berfokus pada peningkatan akuntabilitas dan peningkatan kinerja berorientasi pada hasil (outcome) yang dikenal sebagai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). SAKIP diimplementasikan secara self assessment oleh masing-masing instansi pemerintah, yang berarti instansi tersebut melaksanakan tahapan merencanakan, melaksanakan, mengukur dan memantau kinerja, kemudian melaporkan kepada instansi yang lebih tinggi.

Sebagai wujud pelaksanaan SAKIP tersebut, KPU DIY melaksanakan pengukuran dan pemantauan kinerja setiap tiga bulan dengan cara melakukan evaluasi pada Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan oleh KPU DIY. Masing-masing Divisi memaparkan hasil capaian kinerja serta evaluasi pada kinerja yang belum tercapai targetnya. Secara umum, IKU telah mencapai target sesuai dengan yang ditetapkan. Kegiatan-kegiatan yang belum optimal pencapaiannya akan diupayakan optimalisasi pada triwulan selanjutnya.

Kegiatan dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU DIY Wawan Budiyanto. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya pada bulan Juli yang lalu KPU DIY menetapkan tata cara pengukuran indikator yang akan dipakai didalam evaluasi ini. Dari evaluasi yang telah dilakukan KPU DIY memperoleh total skor 86,89 naik dari penilaian triwulan sebelumnya. Dengan evaluasi ini diharapkan kinerja KPU semakin membaik di setiap triwulan.(pdos)