Progres Pengelolaan Dokumen Teknis KPU Kabupaten/Kota se-DIY

Progres Pengelolaan Dokumen Teknis KPU Kabupaten/Kota se-DIY

diy.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Progres Pengelolaan Dokumen Teknis Hasil Pemilu dan Pemilihan KPU Kabupaten/Kota se-DIY yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting room (15/9). Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU DIY serta jajaran di lingkungan KPU Kota Yogyakarta, KPU Kabupaten Bantul, KPU Kabupaten Kulon Progo, KPU Kabupaten Sleman dan KPU Kabupaten Gunungkidul.

Moh Zaenuri Ikhsan, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY, menyampaikan “Tahapan Pemilu 2024 akan dimulai tahun 2022, tentu kita akan menciptakan arsip baru. Kita berharap dapat melihat progres pengelolaan dokumen teknis di KPU Kabupaten/Kota dan menyelesaikan pengelolaannya”. Lanjut Zaenuri, pada prinsipnya hardcopy dokumen teknis harus tersedia dan retensi arsip ada bertujuan untuk mengatur batas waktu pengelolaan dokumen tersebut dimana ketika jangka waktu pengelolaan dokumen telah selesai maka diserahkan swakelola kepada Badan Arsip Daerah karena kondisi tempat yang tidak menunjang.

Rapat tersebut juga memaparkan penyampaian progres pengelolaan dokumen teknis yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota se-DIY. Andang Nugroho, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Gunungkidul, memaparkan dokumen teknis Pemilu dan Pemilihan 2019 yang telah dipetakan akan disimpan pada penyimpanan online. Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Ibah Muthiah, menyampaikan penataan dokumen teknis Pemilu telah dilakukan sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) dan dengan adanya Jadwal Retensi Arsip (JRA) pemilahan dokumen teknis dilakukan secara hati-hati.

Selanjutnya, terkait dokumen pencalonan, peta daerah pemilihan dalam Pemilu 2019 telah selesai dipetakan menurut Erizal, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Yogyakarta. KPU Kabupaten Sleman telah menata dokumen Pemilu Tahun 2019 dan Pemilihan Tahun 2020 termasuk dokumen rekapitulasi penghitungan suara hingga tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019 DPRD Kabupaten. Hal tersebut disampaikan oleh Noor Aan Muhlishoh, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sleman. Joko Santosa, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bantul, menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Bantul telah melakukan penataan dokumen termasuk dokumen tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu Tahun 2019.

Hamdan Kurniawan, Ketua KPU DIY, dalam pemaparannya menghimbau kepada KPU Kabupaten/Kota untuk belajar mengelola waktu dalam proses menghimpun dokumen teknis Pemilu dan Pemilihan. Hamdan menegaskan, ketika tahapan Pemilu selesai maka dokumen hardcopy harus diselamatkan, terutama softcopynya, dengan demikian maka kita tidak sulit untuk mencari dokumen tersebut.(hth)