KPU Kabupaten/Kota se-DIY Menindaklanjuti Evaluasi Website

KPU Kabupaten/Kota se-DIY Menindaklanjuti Evaluasi Website

diy.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU Kabupaten/Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi website yang telah disampaikan oleh KPU DIY. Diantaranya dengan melakukan rapat koordinasi dengan tim monitoring dan evaluasi website KPU DIY serta perbaikan manajemen pengelolaan maupun konten website.

KPU Kabupaten Bantul telah melaksanakan Rakor Monev Laman Media KPU Kabupaten Bantul (23/7). Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting room dan dihadiri oleh Siti Ghoniyatun, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU DIY beserta pelaksana di jajaran Sekretariat KPU DIY yang tergabung dalam tim monitoring dan evaluasi website. Rakor tersebut merupakan upaya guna menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi KPU DIY terhadap website KPU Kabupaten Bantul, baik dari sisi manajeman pengelolaan maupun sisi konten website.

Selanjutnya, KPU Kota Yogyakarta telah melaksanakan Rakor Website (12/8) yang dihadiri oleh Hamdan Kuriawan, Ketua KPU DIY beserta pelaksana di jajaran Sekretariat KPU DIY yang tergabung dalam tim monitoring dan evaluasi website. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring oleh KPU Kota Yogyakarta melalui zoom meeting room.

Pada kesempatan lain, KPU Kabupaten Gunungkidul telah melakukan perbaikan dalam pengelolaan website. Perbaikan website yang dilakukan sebagian besar meliputi pengelolaan konten, terutama berdasarkan instrumen monitoring dan evaluasi website yang telah disampaikan oleh KPU DIY.

Menindaklanjuti monitoring dan evaluasi website yang disampaikan KPU DIY, KPU Kabupaten Sleman telah menyelenggarakan Rapat Persiapan Migrasi Template Website (26/8) yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting room. Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Komisioner KPU Kabupaten Sleman, jajaran struktural Sekretariat KPU Kabupaten Sleman, jajaran di lingkungan Sub Bagian Program dan Data serta Sub Bagian Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Kabupaten Sleman. Progres yang dilakukan KPU Kabupaten Sleman yaitu dalam proses perubahan tampilan tehadap menu profil, struktur organisasi dan dalam proses melakukan koordinasi untuk migrasi menggunakan template website dari KPU RI.

KPU Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Website KPU Kabupaten Kulon Progo yang dihadiri oleh KPU DIY. Kegiatan diselenggarakan di Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Kulon Progo dengan protokol kesehatan yang ketat. Hadir dalam kegiatan tersebut Ahmad Shidqi, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY beserta jajaran di lingkungan Bagian Hukum, Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU DIY.

Shidqi dalam penuturannya menyampaikan bahwa KPU DIY telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap website KPU Kabupaten Kulon Progo. Evaluasi yang dilakukan didasarkan atas instrumen evaluasi pengelolaan website yang mengadaptasi intrumen penilaian Komisi Informasi Daerah (KID) DIY.

Beberapa progres yang dijumpai dalam pengelolaan website KPU Kabupaten Kulon Progo disampaikan oleh Hidayatut Toyyibah, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, bahwa website KPU Kabupaten Kulon Progo telah bermigrasi menggunakan server dan template dari KPU RI. Namun kendala yang muncul, data berupa konten dari website yang lama tidak dapat dipindahkan ke website yang baru. Selanjutnya, Hidayatut menegaskan kendala yang ada merupakan hal yang lalu dan untuk data website KPU Kabupaten Kulon Progo terus berupaya agar informasi terus diperbaharui.(hth)