Knowledge Sharing “Buku Pemilihan 2020 Dalam Angka”

Knowledge Sharing “Buku Pemilihan 2020 Dalam Angka”

diy.kpu.go.id – Selasa (05/10), Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mengadakan Knowledge Sharing. Acara ini merupakan kegiatan yang diadakan dua mingguan. Knowledge Sharing diikuti oleh seluruh jajaran KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota se-DIY dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Arry Dharmawan, Kepala Sub Bagian Program dan Data, selaku narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa Buku Pemilihan 2020 dalam Angka disajikan secara kuantitatif sebagai catatan untuk membandingkan penyelenggara Pemilihan 2020 di tiga KPU Kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Buku ini diharapkan juga dapat memudahkan orang dalam mencari data untuk melakukan riset.

Arry mengatakan, “Buku ini memuat penjelasan dalam angka tahapan Pemilihan 2020 yang terdiri dari tahapan pemutakhiran daftar pemilih yang dijelaskan secara lengkap dari jumlah laki-laki dan perempuan; tahapan pembentukan badan adhoc yang memuat semua informasi mengenai badan adhoc, rentan usia, jenis kelamin; tahapan pencalonan Pemilihan tahun 2020 yang memuat calon Bupati dan Wakil Bupati beserta Partai pengusungnya; tahapan kampanye yang memuat alat peraga, bahan kampanye, iklan layanan masyarakat dan debat publik; tahapan laporan dana kampanye dan laporan audit dana kampanye; tahapan sosialisasi Pemilihan Tahun 2020 yang memuat persentase partisipasi pemilih baik perempuan maupun pemilih disabilitas, penataan alat dan jenis bahan sosialisasi; tahapan logitik yang memuat logistik di luar kotak dan logistik di dalam kotak suara; dan tahapan tungsura yang menyajikan persebaran perolehan suara berbasis Kapanewon”.

Antusiasme para peserta dalam kegiatan ini tetlihat dari adanya beberapa masukan terkait Buku Pemilihan 2020 dalam Angka. Salah satunya, pemilih di Shelter Covid-19 dan jumlah penyelenggara pemilu yang terkena Covid-19 karena pada saat pelaksanaan Pemilihan 2020 ditengah pandemi Covid-19.

Wawan Budiyanto selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi menyampaikan pernyataan penutup bahwa angka-angka pada buku ini dapat mendorong kita semua untuk melihat dan membandingkan penyelenggaraan Pemilihan pada tiga wilayah, yakni Sleman, Bantul, dan Gunungkidul. Yang membedakan dengan Pemilihan ini dengan yang lainnya adalah, pelaksanaan Pemilihan dilakukan pada masa “pagebluk”. Terhadap masukan dari peserta rapat, seperti arti filosofi dari setiap maskot penyelenggara Pemilihan, akan menjadikan perbaikan untuk kesempurnaan Buku Pemilihan 2020 dalam Angka.(pdos)