BIMTEK SILON CALON PERSEORANGAN DI LINGKUNGAN KPU KABUPATEN GUNUNGKIDUL

BIMTEK SILON CALON PERSEORANGAN DI LINGKUNGAN KPU KABUPATEN GUNUNGKIDUL

diy.kpu.go.id – Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul Lanjutan Tahun 2020 telah dimulai pada tanggal 15 Juni 2020 yang lalu. Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 258/PL.02-Kpt/01/KPU/VI/2020 pelaksanaan pemilihan lanjutan Tahun 2020 dimulai dari tahapan yang tertunda, salah satunya Verifikasi Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan. Kabupaten Gunungkidul merupakan satu-satunya Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai 2 pasangan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan, yaitu Anton Supriyadi, S.T. dan Suparno, S.H., M.H. serta Ir. H. Kelick Agus Nugroho dan Yayuk Kristyawati.

KPU Kabupaten Gunungkidul dan jajarannya sedang melaksanakan verifikasi faktual di lapangan dan selanjutnya akan menginput data dukungan hasil verifikasi faktual ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Terkait hal tersebut, KPU DIY memfasilitasi persiapan input data dukungan dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi SILON di Lingkungan KPU Kabupaten Gunungkidul secara virtual, Jumat (3/7). Dalam sambutan Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa para petugas verifikator saat ini sedang menjalani tahapan dengan menggunakan protokol kesehatan. Verifikasi faktual tidak mudah karena menghadapi tantangan geografis dan juga menghadapi penerimaan masyarakat terhadap petugas yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Hamdan Kurniawan menambahkan bahwa KPU DIY telah melakukan monitoring ke Kabupaten Gunungkidul untuk meninjau langsung jalannya verifikasi faktual di lapangan. Sejauh ini pelaksanaan verifikasi faktual dilaksanakan dengan baik dan protokol kesehatan juga dijalankan dengan tertib. Selain aspek teknis lapangan, KPU Kabupaten Gunungkidul harus memperhatikan proses input data dukungan di aplikasi SILON. KPU DIY menghadirkan Tim SILON KPU RI sebagai narasumber bimbingan teknis ini. Selanjutnya Hamdan Kurniawan memberikan semangat kepada KPU Kabupaten Gunungkidul beserta jajarannya untuk tetap menjalankan tugas dengan baik dan menjaga citra baik KPU agar para petugas verifikator serta masyarakat merasa aman. Sesi selanjutnya, Wakil Kepala Biro Teknis dan Hupmas Sekretariat Jenderal KPU RI, Supriatna dalam pengantar materi mengungkapkan bahwa setelah proses input dukungan, harus segera memperbaharui data dukungan ke KPU RI. Sedangkan Kepala Bagian Teknis Pemilu Sekretariat Jenderal KPU RI, Yuly Hertaty menegaskan bahwa aplikasi SILON tidak ada perubahan, fitur dan konten masih sama. Tim SILON KPU RI menguji coba langkah-langkah penginputan data dukungan hasil verifikasi faktual ke aplikasi sehingga apabila operator KPU Kabupaten mengalami kendala diharap dapat langsung mendapatkan solusi. (Admin/Foto:Hupmas).