Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) Berkelanjutan

Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) Berkelanjutan

diy.kpu.go.id – KPU DIY pada hari Jumat (17/9) pukul 13.00 WIB melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Pemutakhiran Data Pemilih (SIDALIH) Berkelanjutan. Kegiatan ini melibatkan seluruh KPU Kabupaten/Kota di wilayah DIY.

Dalam 1-2 tahun ini KPU RI sedang mendorong penyusunan Daftar Pemilih secara berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan agar data yang disusun semakin akuntabel. Tujuan didorongnya penyusunan data pemilih secara berkelanjutan ini adalah untuk membuka ruang partisipasi. Masyarakat dapat melihat data yang telah disusun oleh KPU dan memberikan masukan terhadap validitas data tersebut. Harapannya di tahun 2024, saat dilakukan sinkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir dapat diperoleh data yang lebih akurat.

KPU DIY berpesan agar KPU Kabupaten/Kota se DIY fokus pada kualitas data saat melakukan updating. Sehingga data bisa dipertanggungjawabkan terlebih lagi saat ini sudah didukung dengan aplikasi SIDALIH Berkelanjutan.(pdos)