KPU DIY TERIMA KUNJUNGAN KPU PROVINSI NTB

KPU DIY TERIMA KUNJUNGAN KPU PROVINSI NTB

KPU DIY menerima kunjungan KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (20/12) di Ruang PIP KPU DIY. Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud diikuti Anggota beserta Sekretaris dan jajaran Sekretariat KPU Provinsi NTB. Kedatangan rombongan disambut oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU DIY, Wawan Budiyanto yang didampingi Sekretaris KPU DIY, Retno Setijowati.

Dalam pertemuan tersebut, Suhardi Soud mengatakan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk berbagi pengalaman pembuatan Peta Lokasi TPS yang ada di website KPU DIY, penegasan integritas badan Adhoc serta pengelolaan Rumah Pintar Pemilu KPU DIY. Dalam acara Konsolnas KPU RI, KPU DIY sudah membuktikan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 dengan meraih beberapa penghargaan. Selain itu, DIY juga mencapai angka partisipasi tinggi yang sejalan dengan tingkat literasi masyarakatnya.

Menanggapi kunjungan tersebut, Wawan Budiyanto menjelaskan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tidak terlepas dari kesolidan seluruh jajaran KPU DIY. Integritas badan Adhoc juga sangat diperhatikan dalam penyelenggaraan sehingga meminimalisir segala bentuk pelanggaran. Sedangkan angka partisipasi yang berbanding lurus dengan tingkat literasi masyarakat sangat didukung oleh kondisi masyarakat DIY yang sudah sadar politik. Sebagai salah satu inovasi website yang turut mendukung partisipasi adalah Peta Lokasi TPS DIY yang dihubungkan dengan google map dan sangat berguna bagi banyak kalangan. Wawan Budiyanto menambahkan bahwa untuk menjaga integritas, KPU DIY mengedepankan akuntabilitas dan transparansi dalam setiap Tahapan Pemilu.

Selanjutnya Retno Setijowati mengatakan bahwa KPU DIY mengupayakan inovasi-inovasi untuk menarik masyarakat mengunjungi website KPU DIY dan sebagai bentuk fasilitasi bagi masyarakat. Selain Peta Lokasi TPS juga ada open data yang menyajikan data dalam format lebih mudah untuk diolah kembali. Retno Setijowati juga mengungkapkan bahwa kesuksesan penyelenggaraan dibangun dari upaya KPU DIY untuk membina badan Adhoc di bawahnya agar tetap mempertahankan sinergitas. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama, dan dilanjutkan kunjungan ke Zona Pintar Pemilu KPU DIY sebagai miniatur TPS serta sumber informasi tentang pelaksanaan pemungutan suara di TPS. (admin/foto:humas)