KPU KOTA YOGYAKARTA AJAK SISWA SMA PEDULI DEMOKRASI

KPU KOTA YOGYAKARTA AJAK SISWA SMA PEDULI DEMOKRASI

Menyongsong Pemilihan Serentak Bupati dan Wakil Bupati 2020 di Daerah Istimewa Yogyakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menggelar Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula dengan tema “Menjadi Generasi Cerdas di Era Milenial”, bagi Siswa/Siswi Pengurus OSIS tingkat SMA/SMK se-Kota Yogyakarta, Rabu (18/12/2019) yang mengambil lokasi Taman Pintar Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Rumah Pintar Pemilu Nasional KPU Kota Yogyakarta dan menjadi pijakan awal untuk menjalin kerjasama dengan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

“Rumah Pintar Pemilu yang berada di luar kantor KPU yakni dibangun pada Taman Pintar Yogyakarta nantinya bisa menjadi wisata edukasi demokrasi bagi Pemilih Pemula untuk mempermudah teman-teman Pemilih Pemula memahami tahapan-tahapan Pemilu,”ujar Hidayat.

“Rumah Pintar Pemilu ini terbuka bagi siapapun, baik itu pelajar, ormas maupan masyarakat umum,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama hadir sebagai narasumber yakni Ketua Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU DIY, Ahmad Shidqi. Dalam paparannya Shidqi menjelaskan tentang pentingnya Demokrasi dan Politik bagi Generasi Milenial. Secara lebih mendalam, ia pun mengajak para pemilih pemula untuk mengetahui syarat menjadi pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 di DIY

Ahmad Shidqi berharap setelah rangkaian kegiatan Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula ini bisa mendorong tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 di DIY pada tanggal 23 September 2020 mendatang.

“Semoga setelah mengikuti Talkshow serta mengunjungi Rumah Pintar Pemilu, calon pemilih pemula ini bisa menyebarkan apa yang sudah didapat, minimal kepada teman sebangku dan keluarga mereka,” ujar Ahmad Shidqi

Setelah kegiatan Talkshow, siswa dan siswi tersebut diajak untuk mengelilingi Zona Demokrasi Taman Pintar Pemilu disana mereka mendapatkan penjelasan secara detail mengenai tahapan demi tahapan Pemilu beserta alat peraga yang dapat mereka coba secara langsung. (admin/foto:humas KPU Kota)