RAPAT KERJA DENGAN KPU KABUPATEN/KOTA TERKAIT DOKUMEN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN TAHUN 2020

RAPAT KERJA DENGAN KPU KABUPATEN/KOTA TERKAIT DOKUMEN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN TAHUN 2020

Sebagai tindak lanjut dari hasil Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran KPU Tahun Anggaran 2020 dan Evaluasi Kinerja KPU Antara KPU RI dan KPU Provinsi serta KIP Aceh di Bogor, pada tanggal 11 – 13 Oktober 2019, KPU DIY mengundang KPU Kabupaten/Kota untuk menyusun rencana kerja dan anggaran Tahun 2020, Selasa (15/10). Bertempat di Hotel Alana Yogyakarta, KPU DIY menggelar Rapat Kerja terkait Dokumen Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2020 yang pesertanya terdiri dari Ketua, Anggota, Sekretaris beserta jajaran Sekretariat KPU DIY, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sekretaris, Kepala Sub Bagian Program dan Data, serta Staf Sub Bagian Program dan Data KPU Kabupaten/Kota se-DIY.

Membuka kegiatan Raker, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menyampaikan bahwa setiap Satker harus mempunyai rencana kerja yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan agar semakin tertata. Hasil evaluasi kinerja di tahun sebelumnya juga merupakan faktor penting untuk pertimbangan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran. Hamdan mengingatkan kepada peserta Raker untuk memperhatikan penyerapan anggaran di Tahun 2020. Hal ini dikarenakan penyerapan anggaran menjadi salah satu faktor penentu pengalokasian anggaran di tahun berikutnya.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU DIY, Wawan Budiyanto dalam pemaparan sebagai pengampu kegiatan mengatakan bahwa mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020, KPU masuk dalam program Konsolidasi Demokrasi, yaitu Penataan Lembaga Demokrasi serta Peningkatan Hak-Hak Politik dan Kebebasan Sipil. Terkait program tersebut, Wawan menambahkan bahwa KPU mempunyai dua prioritas yaitu pendidikan politik dan pendidikan pemilih serta peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu. KPU harus tetap aktif dan eksis pasca Pemilu Tahun 2019 agar tetap terjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini. Bagi KPU Kabupaten Sleman, Gunungkidul dan Bantul dihimbau agar tidak terpaku pada penyelenggaraan Pilkada saja tetapi juga tetap melaksanakan tugas rutin KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Sementara itu, Sekretaris KPU DIY, Retno Setijowati meminta jajaran Sekretariat KPU Kabupaten/Kota untuk merencanakan dengan baik kegiatan yang akan dilakukan di Tahun 2020. Retno juga mengingatkan dalam rangka penguatan value for money, kebijakan efisiensi barang tetap diterapkan dalam alokasi anggaran Tahun 2020. Dengan perencanaan anggaran yang baik dapat membantu proses penyerapan anggaran tersebut dengan lebih maksimal tanpa mengesampingkan prinsip efektif dan efisien.

Raker ini selanjutnya membahas perkembangan aplikasi e-Monev dan e-Lapkin serta penyusunan anggaran menggunakan aplikasi RKA-KL sehingga diundang pula para operator dari KPU Kabupaten/Kota. (admin/foto:humas)