RANCANG SEKOLAH DEMOKRASI, KPU KOTA PRABUMULIH KUNJUNGI KPU DIY

RANCANG SEKOLAH DEMOKRASI, KPU KOTA PRABUMULIH KUNJUNGI KPU DIY

Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah, beserta jajaran dari KPU Kota Prabumulih berkunjung ke Kantor KPU DIY pada Senin (14/10). Dalam kunjungannya, KPU Kota Prabumulih bermaksud mempelajari metode yang dilakukan oleh KPU DIY untuk mengembangkan kegiatan pendidikan pemilih. Ketertarikan KPU Kota Prabumulih bermula saat mengetahui di KPU DIY menyelenggarakan kegiatan kursus kepemiluan dan kegiatan Pemilos di KPU Kabupaten Bantul.

Kunjungan KPU Kota Prabumulih diterima oleh Ketua, Anggota beserta Sekretaris KPU DIY di Ruang Rapat Lantai II KPU DIY. Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Yogyakarta dan menyambut baik keinginan KPU Kota Prabumulih untuk saling berbagi pengalaman tentang kursus kepemiluan. Hamdan mengatakan bahwa salah satu hal terpenting dalam memulai kursus kepemiluan adalah penyusunan materi secara serius tentang prinsip-prinsip kepemiluan yang berlaku universal. Materi penting yang juga harus diikutsertakan adalah tentang kerelawanan dalam mengabdi untuk kegiatan sosial seperti kursus kepemiluan.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY, Ahmad Sidqi menambahkan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai kultur demokrasi dan tingkat kepedulian terhadap pemilu yang cukup tinggi dibandingkan daerah lain. Kondisi ini mempermudah kegiatan pendidikan pemilih yang digalakkan oleh KPU DIY, dengan menggandeng stakeholder dari kalangan LSM, komunitas lokal, perguruan tinggi dan instansi terkait. Setelah penyusunan materi, action plan, dan pelaksanaan kursus kepemiluan, KPU harus merawat komunitas yang terbentuk. Komunitas ini yang akan memperpanjang jangkauan KPU DIY untuk menyebarluaskan informasi kepemiluan ke sasaran masing-masing komunitas.

Marjuansyah juga menjelaskan bahwa kondisi kepedulian masyarakat Kota Prabumulih terhadap pemilu memang belum setinggi di DIY, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat KPU Kota Prabumulih untuk menyelenggarakan Sekolah Demokrasi. Diharapkan dengan kunjungan ini dapat memotivasi dan menjadi pembelajaran untuk menyelenggarakan pendidikan pemilih melalui jalur pendekatan yang lebih inovatif. (admin/foto:humas)