KPU DIY TERIMA KUNJUNGAN KPU KOTA MADIUN

Sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 serta raihan lima penghargaan tingkat nasional dari KPU RI menarik perhatian KPU Kota Madiun untuk melakukan kunjungan ke Kantor KPU DIY, pada Kamis (10/10). Ketua dan Anggota beserta jajaran sekretariat KPU Kota Madiun ingin melihat secara langsung pengelolaan website, PPID dan Rumah Pintar Pemilu KPU DIY. Kedatangan rombongan KPU Kota Madiun

Sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 serta raihan lima penghargaan tingkat nasional dari KPU RI menarik perhatian KPU Kota Madiun untuk melakukan kunjungan ke Kantor KPU DIY, pada Kamis (10/10). Ketua dan Anggota beserta jajaran sekretariat KPU Kota Madiun ingin melihat secara langsung pengelolaan website, PPID dan Rumah Pintar Pemilu KPU DIY. Kedatangan rombongan KPU Kota Madiun disambut oleh Ketua Divisi Teknis, Moh Zaenuri Ikhsan yang didampingi Sekretaris KPU DIY beserta jajarannya.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Madiun, S. Wisnu Wardhana yang ingin menggali banyak seputar layanan publik yang dilaksanakan oleh KPU DIY. Dalam penjelasannya, Wisnu mengatakan bahwa pada era milenial seperti sekarang, masyarakat membutuhkan akses informasi yang cepat, akurat dan terjangkau. KPU DIY mempunyai website yang menurutnya cukup update dalam hal penyebaran informasi, terlebih lagi ada beberapa inovasi di dalamnya. Selain itu, KPU Kota Madiun juga ingin mengetahui pelayanan PPID secara langsung. Pemeliharaan website dan PPID juga menjadi hal yang sangat ingin dipelajari oleh jajaran KPU Kota Madiun dari KPU DIY.

Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU DIY, Dewantoputra menjelaskan bahwa KPU DIY bertekad sedari awal untuk menjadi yang terdepan dalam hal transparansi informasi Pemilu. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada publik. Raihan penghargaan kemarin merupakan wujud nyata apa yang telah dilakukan oleh KPU DIY dalam Pemilu 2019. KPU DIY selalu berusaha memunculkan inovasi-inovasi baru untuk menjawab tantangan dalam penyelenggaraan Pemilu seperti akses website bagi penyandang disabilitas, file open data, tanya jawab melalui chatting online, dan lokasi TPS seluruh DIY.

Terkait PPID, Dewantoputra menambahkan bahwa saat ini KPU DIY juga mempunyai layanan e-PPID yang menyediakan berbagai macam informasi kepemiluan bagi masyarakat luas yang membutuhkan. Agar selalu dapat menyajikan informasi terbaru serta tidak terjadi tumpang tindih dalam unggahan informasi, maka KPU DIY rutin melakukan Rapat Pleno penentuan Daftar Informasi Publik (DIP) setiap 3 (tiga) bulan sekali untuk menentukan informasi apa saja yang dapat disajikan oleh KPU DIY. Fitur layanan e-PPID tersebut tersedia di website resmi KPU DIY. Sedangkan layanan pemenuhan informasi secara langsung di PPID KPU DIY diampu oleh beberapa PNS Sekretariat KPU DIY.

Pada akhir acara, Wisnu memberikan ucapan terima kasih atas segala informasi yang diberikan KPU DIY untuk meningkatkan kualitas layanan publik di KPU Kota Madiun serta bertukar cinderamata. Kunjungan ini akan dilanjutkan ke Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Yogyakarta yang berada di Taman Pintar. (admin/foto:humas)

Ubah Ukuran Font
Pengaturan Kontras