EVALUASI DAN PEMBERIAN PENGHARGAAN PENYELENGGARA PEMILU 2019 KEPADA KPU KABUPATEN/KOTA SE DIY

Seluruh perhelatan Pemilu di DIY telah terlaksana dengan baik, menurut pandangan internal maupun pemangku kepentingan. Beberapa penghargaan yang diberikan kepada KPU DIY pada Senintanggal 23 September 2019 yang lalu, menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan itu. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah memberikan 5 penghargaan kepada KPU DIY, yakni Peringkat 1 untuk Kategori Pemilu dan

Seluruh perhelatan Pemilu di DIY telah terlaksana dengan baik, menurut pandangan internal maupun pemangku kepentingan. Beberapa penghargaan yang diberikan kepada KPU DIY pada Senintanggal 23 September 2019 yang lalu, menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan itu. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah memberikan 5 penghargaan kepada KPU DIY, yakni Peringkat 1 untuk Kategori Pemilu dan Pemilihan Akses, Kategori Transparansi Informasi Pemilu dan Pemilihan, Kategori Inovatif dan Profesional, Kategori Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang Berintegritas serta Peringkat 2 untuk Kategori Iklan Layanan Masyarakat Kreatif dan Inovatif tingkat Provinsi. Sedangkan KPU Kota Yogyakarta memperoleh penghargaan peringkat 2 Kategori Pemilu dan Pemilihan Akses dan Peringkat 3 Kategori Iklan Layanan Masyarakat Kreatif dan Inovatif tingkat Kabupaten/Kota. KPU Kabupaten Bantul menyabet Peringkat 3 pada Kategori Inovatif dan Profesional dengan program Pemilos. Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada jajaran penyelenggara Pemilu di DIY dan menjadi pelecut semangat bagi penyelenggara Pemilu di DIY.

Hal itu menjadi sambutan Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan dalam pembukaan Rapat Evaluasi dan Pemberian Penghargaan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten/Kota se-DIY pada Selasa (8/10) yang digelar di Ballroom Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Ketua KPU DIY selanjutnya berharap agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 3 Kabupaten se-DIY dapat dilaksanakan sebaik mungkin. Tidak lupa Hamdan Kurniawan juga menyampaikan penghargaan kepada para Tim Penilai Tingkat Provinsi yang telah melakukan penilaian kepada KPU Kabupaten/Kota se DIY pada semua kategori.

Agenda selanjutnya diampu oleh Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU DIY, Ahmad Shidqi yang memaparkan keseluruhan agenda pemberian penghargaan Penyelenggara Pemilu. Shidqi menandaskan pentingnya KPU Award dilaksanakan. Selama ini telah dilaksanakan 2 kali kegiatan yang sama. Pemberian award ini bertujuan untuk menyampaikan pertanggungjawaban secara sosial kepada publik. Kerja keras kita pada penyelenggaraan Pemilu telah dinilai oleh sebuah tim independen dengan hasil yang memuaskan.

Pada kegiatan ini diserahkan pula penghargaan kepada KPU Kabupaten/Kota se-DIY atas beberapa kategori yang telah ditetapkan oleh Tim Penilai Tingkat Provinsi, yaitu :

  1. Penghargaan Kategori Pemilu Akses Tahun 2019 kepada KPU Kota Yogyakarta
  2. Penghargaan Kategori Inovatif dan Profesional Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Bantul
  3. Penghargaan Kategori Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Sleman
  4. Penghargaan Kategori Iklan Layanan Masyarakat Kreatif kepada KPU Kota Yogyakarta
  5. Penghargaan Kategori Daftar Pemilih Berkualitas Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Bantul
  6. Penghargaan Kategori Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Berintegritas Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Gunungkidul
  7. Penghargaan Kategori Daerah dengan Penyajian Alat Bukti Terbaik dalam Penanganan Masalah Sengketa Hukum Pemilu Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Gunungkidul
  8. Penghargaan Kategori Transparansi Informasi Pemilu Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Gunungkidul
  9. Penghargaan Kategori Pengelolaan Logistik Pemilu Tahun 2019 kepada KPU Kabupaten Kulon Progo

(admin/foto:humas)

Ubah Ukuran Font
Pengaturan Kontras