PEMERIKSAAN KINERJA KPU DIY ATAS PENYELENGGARAAN PEMILU 2019 OLEH BPK

PEMERIKSAAN KINERJA KPU DIY ATAS PENYELENGGARAAN PEMILU 2019 OLEH BPK

diy.kpu.go.id – Sehubungan dengan pelaksanaan Pemeriksaan Kinerja Terinci atas Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 pada KPU di Wilayah DIY dan instansi terkait, Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY akan melaksanakan tugas pemeriksaan selama 30 hari, dimulai Rabu (2/10) dan berakhir Selasa (5/11). Bertempat di Ruang Rapat KPU DIY Lantai II, Tim Pemeriksa BPK diterima oleh Ketua KPU DIY yang didampingi oleh Anggota KPU DIY beserta Sekretaris KPU DIY. Turut diundang dalam pertemuan awal ini Ketua, Sekretaris, Pejabat Pembuat Komitmen KPU Kabupaten/Kota se-DIY. Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan dalam sambutan pembukaannya menghimbau kepada seluruh jajaran KPU untuk memberikan dokumen yang dibutuhkan dan memberikan pertanggungjawaban yang sebaik-baiknya.
Dalam acara ini, Tim Pemeriksa BPK dipimpin oleh Wakil Penanggung Jawab, Agustin Sugihartatik yang mengatakan pemeriksaan ini merupakan wujud fungsi BPK sebagai auditor. BPK akan melakukan pemeriksaan kinerja penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 untuk menilai efektivitas dan efisiensi anggaran yang sudah direalisasikan. BPK akan melihat bagaimana pengelolaan anggaran tahapan Pemilu Tahun 2019 dan akuntabilitas pertanggungjawabannya. Entitas dan lingkup pemeriksaan pemeriksaan kali ini meliputi KPU DIY, KPU Kabupaten Sleman dan KPU Kabupaten Kulon Progo.
Agustin Sugihartatik juga menegaskan bahwa Tim Pemeriksa BPK akan mengedepankan nilai independensi, integritas dan profesionalisme dalam melakukan pemeriksaan. Pertemuan awal ini ditutup dengan penyerahan Surat Tugas dari BPK Perwakilan DIY kepada Ketua KPU DIY. (Admin/Foto:Hupmas)