BIMTEK PENGADAAN LOGISTIK PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020 BAGI ULP

BIMTEK PENGADAAN LOGISTIK PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020 BAGI ULP

Bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, KPU DIY menggelar Bimbingan Teknis Pengadaan Logistik bagi Unit Layanan Pengadaan pada Rabu (25/9). ULP mempunyai tugas pokok melaksanakan pengadaan barang dan jasa dalam proses pemilihan penyedia barang dan jasa. Kegiatan ini mengundang Anggota ULP DIY, Sekretaris, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Operator SIRUP serta Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) KPU Kabupaten/Kota se-DIY.
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan dalam sambutan pembukaannya berharap agar semangat kerja inovatif, professional dan berintegritas tetap dipertahankan dalam Pilkada Serentak tahun 2020. Dalam pengadaan barang dan jasa, KPU tetap harus mengedepankan kualitas tanpa melupakan penghematan anggaran agar tetap efektif dan efisien. Rohmi Noor, Kepala Bagian Pengadaan Sarana dan Prasarana Biro Logistik KPU RI menjadi narasumber sesi pertama yang menyampaikan materi Kebijakan Pengadaan barang dan jasa di KPU serta e-purchasing bagi PPK dan Pejabat Pengadaan. Rohmi Noor mengingatkan agar PPK, Pengampu Kegiatan dan Pejabat Pengadaan berkoordinasi dalam setiap pengadaan sehingga tidak menyalahi prinsip pengadaan yaitu transparasi. Prinsip ini akan mempermudah dalam hal pertanggungjawaban kegiatan.
Materi yang kedua disampaikan oleh Wawan Gunawan, Kepala Sub Bagian Administrasi Pengadaan KPU RI yaitu Tender cepat dan e-tendering bagi Pokja Pengadaan. Wawan Gunawan menuturkan tugas dan tanggung jawab PPK dalam pengadaan harus merencanakan jadwal pengadaan, menjalankan pengadaan dan memonitoring pengadaan barang dan jasa. Sedangkan tugas ULP menentukan penyedia, membuat laporan tender dan Berita Acara setelah selesai. Selesai materi kedua, dilanjutkan simulasi e-purchasing serta e-tendering dari ULP DIY dan Operator SIRUP Kabupaten /Kota Se-DIY. (admin/foto:humas)