RAKOR MONITORING DAN EVALUASI PENGELOLAAN LOGISTIK KPU SE-DIY

RAKOR MONITORING DAN EVALUASI PENGELOLAAN LOGISTIK KPU SE-DIY

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Rakor Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Logistik KPU se-DIY pada Kamis (16/5) bertempat di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Rakor yang diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota se-DIY dibuka oleh Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan.

Dalam sambutannya, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa hasil rekap KPU DIY beserta KPU Kabupaten/Kota se-DIY telah diserahkan ke KPU RI dan telah disahkan. Yang menjadi sorotan dalam rekapitulasi nasional tersebut adalah kurangnya surat suara di DIY akibat tingginya angka DTPb di beberapa lokasi. Angka DPTb di DIY mencapai 57.000 lebih dan merupakan catatan besar di Pemilu 2019.

Kabag Pengadaan Logistik Biro Logistik KPU RI, Rohim Noor selaku narasumber Rakor mengungkapkan bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dalam pengadaan logistik di Pemilu 2019. Khusus untuk DIY, prosentase masalah termasuk yang rendah dan dapat teratasi dengan komunikasi intens antar satker. Gudang penyimpanan logistik di Lingkungan KPU DIY termasuk yang aman dan layak digunakan. Proses pendistribusian juga dilakukan dengan tertib dan lancar.

KPU Kabupaten/Kota memberi tanggapan terkait banyaknya formulir yang tidak lengkap, rusaknya kotak suara dalam penurunan kotak dari truk, ketepatan waktu penyedia dalam pengiriman logistik serta beberapa masalah lainnya. Dengan adanya evaluasi dan monitoring dapat memberi masukan untuk memperbaiki manajemen logistik Pemilu selanjutnya. (admin/foto:humas)