KPU DIY GELAR KPU GOES TO CAMPUS DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

KPU DIY GELAR KPU GOES TO CAMPUS DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Yogyakarta – Senin, 4 Maret 2019 Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan UAD dalam menyelenggarakan acara KPU Goes to Campus yang bertempat di Lantai 10 Gedung Serbaguna Kampus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa UAD dan dihadiri oleh 2 pemateri yang berasal dari KPU DIY dan seorang akademisi dari UAD.
Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T., menyambut baik acara ini. “Saya sangat mengapresiasi acara ini. Saya harap apa yang didapat teman-teman pada siang hari ini, teman-teman share ke teman-teman lainnya agar mereka pun juga bisa mendapat ilmu yang kalian dapat hari ini. Tak lupa, saya juga berterimakasih kepada KPU DIY karena telah membantu kami terutama mahasiswa untuk bisa menggunakan hak pilihnya, mengingat latar belakang Kampus UAD tidak hanya berasal di DIY saja.”, ujar Fadlil.
Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU DIY, Siti Ghoniyatun selaku pemateri, menekankan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu serentak tahun 2019 dan berpesan untuk menghindari money politic yang mungkin saja berkembang dalam kampanye para peserta pemilu. “Say no to money politics, jangan terima amplopnya, jangan pilih orangnya, dan doakan tidak terpilih” ujar Ghoni. Selain kedua hal tersebut, Siti Ghoniyatun juga berpesan, “Jadilah pemilih yang cerdas. Pemilih yang pandai dalam memfilter berita-berita hoax mengenai Pemilu yang berkembang di masyarakat.”. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Siti Ghoniyatun juga berharap agar informasi Pemilu dapat disebarluaskan ke masyarakat.
Hal serupa juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum UAD. Rahmat Muhajir Nughroho, SH, MH berkata, “Setiap Warga Negara Indonesia memiliki hak politik yakni hak untuk memilih jika sudah berusia 17 tahun keatas. Oleh karena itu, diharapkan kita semua dapat berkontribusi untuk menyalurkan hak kita pada Pemilu serentak tahun 2019 ini. Tetapi, berhati-hatilah dalam memilih pemimpin kita. Sebagai pertimbangan lihatlah visi misinya, riwayat hidupnya, dan lain sebagainya.”. Kemudian, Rahmat juga menekankan bahwa satu pilihan kita akan berdampak besar bagi kemajuan Indonesia. Selain menggelar seminar, UAD juga memfasilitasi pelaksanaan pojok pindah memilih, yang dilaksanakan bekerjasama dengan KPU Kabupaten Bantul dan KPU Kabupaten Kota Yogyakarta. (admin/foto:hupmas)