LAKUKAN JEMPUT BOLA, KPU DIY FASILITASI PINDAH PEMILIH MAHASISWA ISI YOGYAKARTA

LAKUKAN JEMPUT BOLA, KPU DIY FASILITASI PINDAH PEMILIH MAHASISWA ISI YOGYAKARTA

Di Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelar “KPU Goes to Campus” (KGTC) pada Jumat 15 Februari 2019. Setelah sebelumnya menyambangi  beberapa kampus seperti UGM, UMY, UAJY, UNY dan UIN SUKA, berbeda dari yang sebelumnya kini KPU DIY sasar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta untuk melakukan pendidikan pemilih guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan mengurangi tingkat apatisme pada mahasiswa.

Berlangsung secara meriah, KGTC ini dibuka secara langsung oleh Komisioner KPU DIY Moh. Zaenuri Ikhsan bertempat di Lantai III Gedung Rektorat ISI Yogyakarta. Dihadiri oleh Pembantu Rektor III, Anusopati serta jajarannya, serta Mahasiswa ISI yang terbagi dari 3 fakultas yakni, Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Media Rekam yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan BEM, HMJ dan UKM.

ISI Yogyakarta menyambut baik kegiatan ini, dalam sambutannya Anusopati mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan KGTC karena dapat meningkatkan wawasan kebangsaan serta menumbuhkan partisipasi mahasiswa dalam Pemilu 2019. “Ini sesuai dengan concern yang sedang kami bangun yaitu meningkatkan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa, khususnya mengenai demokrasi ,”ujarnya. ia berharap nantinya kerjasama antara ISI dan KPU tidak hanya sampai pada kegiatan ini selesai, namun dapat seterusnya saling bersinergi untuk mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU DIY, melihat banyaknya jumlah mahasiswa ISI yang berasal dari Luar DIY yang nantinya tidak bisa pulang ke daerah asal ketika Pemilu 2019 mendorong KPU untuk menyelenggarakan KGTC. “Merupakan tugas KPU untuk memfasilitasi para pemilih dari berbagai lapisan masyarakat yang ingin menggunakan hak suaranya di wilayah DIY ,”ujar Ikhsan

 “Kita sasar organisasi kemahasiswaan karena kalian dianggap sebagai motor penggerak  bagi mahasiswa lainnya, terlebih kampus itu tempat berkumpulnya anak-anak muda yang aktif, kreatif, dan inovatif. Sehingga, kami harapkan setelah kegiatan ini informasi yang di dapat tidak berhenti sampai disitu, tapi bisa menyebarluaskan lagi informasi itu melalui saluran-saluran penggunaan teknologi informasi yang dipunyai,” tambah Ikhsan.

Tak hanya itu, dalam penyampaian materi Ikhsan berharap dengan adanya Pendidikan Pemilih mahasiswa tidak apatis terhadap pemilu. Para mahasiswa ini diharapkan ikut berpartisipasi untuk menghasilkan pemimpin terbaik lima tahun kedepan.

Di kesempatan yang sama, para peserta menunjukan antusiasmenya dalam mengunjungi A5 Corner yang dilakukan oleh KPU untuk menjemput bola para mahasiswa agar tidak susah dalam mengurus pindah memlih.  .

“Acara ini sangat menarik, dengan adanya kegiatan ini saya jadi tahu mengenai prosedur pindah memilih, karena saya berasal dari luar Jawa dan sangat kesusahan ketika harus mengikuti Pemilu di Jogja,” ujar Anissa Mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI. (Admin/Foto:Hupmas).