KPU DIY SOSIALISASIKAN PINDAH TEMPAT MEMILIH DI KAMPUS UMY

KPU DIY SOSIALISASIKAN PINDAH TEMPAT MEMILIH DI KAMPUS UMY

Puluhan Mahasiswa padati Gedung K.H Ibrahim Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) siang ini (12/02/2019), Dalam kunjungan KPU DIY ke UMY ini dilakukan dalam rangka Pendidikan Pemilih bertajuk “KPU Goes to Campus” ( KGTC). Acara ini merupakan kali kedua yang dilakukan oleh KPU DIY, setelah sebelumnya di tahun 2018. Sementara di Tahun 2019, UMY menjadi kampus pertama yang dikunjungi.
Pada KGTC kali ini bertemakan Peran Generasi Milenial dalam Menghadapi Pemilu Serentak 2019. Turut hadir Ketua Divisi Program dan Data Wawan Budiyanto, Akademisi UMY Ridho Al-Hamdi, BEM KM UMY dan Mahasiswa UMY. Selain itu, yang berbeda dari KGTC sebelumnya adanya pelayanan A5 Corner untuk memfasilitasi mahasiswa UMY yang akan melakukan pindah memilih.
“Goes to Campus itu merupakan salah satu cara kami untuk melakukan pendidikan pemilih khususnya pemilih pemula agar aktif dalam pemilihan,” ujar Wawan dalam sambutannya.
Ia menambahkan bahwa harapannya dengan adanya kegiatan ini mahasiswa menjadi kepanjangan tangan dari KPU untuk melakukan sosialisasi tentang kepemiluan, karena Pemilu ini adalah hajatan besar yang harus kita sambut bersama-masa tentunya perlu dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaanya agar berjalan kondusif.
Tak hanya itu, dalam penyampaian materi Wawan berharap dengan adanya Pendidikan Pemilih mahasiswa menjadi sadar akan pentingnya pemilu sehingga permasalahan pemilu seperti golput, isu SARA dan money politic dapat ditanggulangi. Para mahasiswa ini diharapkan ikut berpartisipasi untuk menghasilkan pemimpin terbaik lima tahun kedepan.
Pihak UMY menyambut baik kegiatan ini, disampaikan oleh Ridho Al-Hamdi ia berharap, informasi yang disampaikan dari KPU dapat membuat mahasiswa menjadi voter yang cerdas, karena Pemilih memiliki peranan besar dalam proses pemilu dan demokrasi. Suara pemilih menentukan masa depan bangsa.
“Senang sekali mengikuti kegiatan dari KPU, sekarang jadi lebih tahu tentang Pemilu dan informasi tentang KPU,”ujar Edo Pramuja Mahasiswa UMY. (Admin/Foto:Hupmas)