MEMILIH ITU, JUARA!

diy.kpu.go.id – Bertempat di Atrium Jogja City Mall atau lebih dikenal dengan sebutan JCM, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Yogyakarta menggelar acara talk show yang bertajuk MEMILIH ITU JUARA dengan narasumber Ketua KPU DIY, Ketua Bawaslu, serta AKBP Yulianto Kabid Humas Polda DIY pada Rabu (9/1).  Dengan tagline “Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas” dan disiarkan langsung melalui PRO 1 91,1 FM serta PRO 2 102,5 FM ini, menyampaikan informasi  terkait dengan tahapan Pemilu, pelanggaran, serta sanksi dan tindakan hukum dalam proses pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2019.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, menyampaikan bahwa Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya, dimana legislatif serta eksekutif dipilih secara serentak.  Peserta Pemilu 2019 adalah 2 (dua) pasangan capres-cawapres, 11 calon anggota DPD Dapil DIY, serta 16 Parpol nasional peserta Pemilu. Adapun target partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 untuk Daerah Istimewa Yogyakarta adalah 82% dan untuk warga masyarakat yang berasal dari luar DIY yang akan mengikuti pemungutan suara dapat mengurus surat pindah memilih atau form A5 dengan mendatangi KPU Kabupaten/Kota asal daerah atau mendatangi Kantor KPU tujuan dengan membawa KTP–el dan bukti sudah didata sebagai pemilih yang pernah diberikan oleh petugas Pantarlih.  Semisal tidak membawa surat bukti, warga dapat melihat di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau dapat melalui aplikasi Android di Google Play Store KPU RI 2019 untuk melihat apakah yang bersangkutan sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online.

Berkait dengan pelanggaran dalam pelaksanaan tahapan Pemilu, Ketua Bawaslu DIY Bagus Sarwono menyampaikan, di DIY sudah ada beberapa pelanggaran yang terjadi baik itu pelanggaran yang bersifat administratif maupun pidana.  Untuk sanksi administratif sudah dilakukan teguran maupun tindakan sesuai peraturan yang berlaku, sedangkan yang bersifat pidana segera dilimpahkan ke POLDA DIY untuk tindak lanjut.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto SIK,  turut memberikan tanggapannya terkait laporan ujaran kebencian (hoax) yang dilakukan akun media sosial.  Beliau berpesan pada warganet agar memikirkan dampak jangka pendek dan panjang suatu postingan yang dibuat, “Harus bijak menggunakan media sosial, jangan mengunggah postingan hanya untuk memuaskan emosi sesaat, apalagi terkait SARA,” tutur Yuliyanto. Dan berkait dengan pengamanan Pemilu serentak kali ini, POLDA DIY menggelar Operasi Mantap Brata 2018-2019.

Acara yang dipandu host RRI Abi Rauf dan Luluk Rohadi ini, diwarnai dengan tanya jawab seputar Pemilu serta  dimeriahkan dengan penampilan Juara Bintang Radio RRI Yogyakarta Donald Haris.  Berfoto bersama narasumber dan hadirin serta mengajak hadirin dan pengunjung JCM untuk berpartisipasi dan menyukseskan Pemilu 2019 untuk Indonesia yang lebih baik serta bersama-sama meneriakkan yel-yel “Memilih Itu Juara” serta “Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas”. (Admin/Foto: Hupmas)