GELAR PASUKAN SAMBUT PEMILU 2019

diy.kpu.go.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar secara serentak di seluruh Indonesia Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi ‘Mantap Brata 2019’ untuk menyambut pelaksanaan Pemilu Tahun 2019. Di wilayah DIY, Gelar Pasukan Operasi ‘Mantap Brata Progo 2019’ dilaksanakan di Hanggar Lanud Adisucipto Yogyakarta pada 19 September 2018. Dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., sebanyak 2500 personil gabungan TNI dan POLRI mengikuti jalannya Gelar Pasukan, yang juga dihadiri langsung oleh Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan bersama Bawaslu DIY dan Pejabat FKPD DIY.

            Kapolda DIY membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan bahwa Pemilu dapat dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya pada periode mendatang. Bangsa Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi yang tahapannya tengah berlangsung saat ini. “Pemilu Tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen sebesar 4%. Kondisi ini akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya,” kata Kapolri.

            Operasi Mantap Brata 2019 akan dilaksanakan selama 397 hari, terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil Polri. Polda DIY dalam Operasi Mantap Brata Progo 2019 ini menerjunkan 6.688 personil, dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen penegakan hokum kuratif dan rehabilitasi, melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian  dalam bentuk satuan tugas tingkat pusat dan tingkat daerah serta tingkat Polres. (Admin/Foto:Hupmas)