KPU DIY SUKSES GELAR RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI HASIL VERIFIKASI PARTAI POLITIK CALON PESERTA PEMILU 2019

KPU DIY SUKSES GELAR RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI HASIL VERIFIKASI PARTAI POLITIK CALON PESERTA PEMILU 2019

diy.kpu.go.id – Yogyakarta, 11 Februari 2018 bertempat di Ballroom Rasamalla Hotel Gowongan Inn, Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) selenggarakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019. Rapat pleno dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota Se-DIY. Selain itu juga dihadiri oleh Forkompinda DIY, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY, Panwaslu Kabupaten Kota se-DIY, dan 16 (enam belas) Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 juga Media Massa.

Pleno terbuka ini dibuka oleh ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan. Dalam pembukaan pleno itu, Hamdan menyampaikan bahwa “Pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu 2019 memang butuh waktu yang panjang, tidak mudah, dan sedikit berbelit“. Ia menambahkan bahwa ada beberapa kendala saat proses pendaftaran calon peserta. Antara lain, parpol belum memenuhi syarat dan administrasi.

Dalam rapat pleno terbuka ini KPU DIY merekap hasil verifikasi dari tingkat Kabupaten/Kota se-DIY. Dalam pelaksanaan Rapat Pleno ada beberapa perbaikan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota. Perbaikan tersebut karena adanya kesalahan penulisan berita acara di tingkat Kabupaten/Kota. Perbaikan ini merupakan bagian transparansi sebagai penyelenggara yang disaksikan oleh peserta partai politik, Bawaslu, Instansi terkait dan media yang hadir saat rapat pleno berlangsung.

 “Tidak ada masalah, karena semua statusnya memenuhi syarat. Tetapi memang ada beberapa perbaikan yang  harus dilakukan oleh teman-teman KPU Kabupaten/Kota,” ungkap Siti Ghoniyatun selaku Ketua Divisi Hukum KPU DIY.

Partai Politik dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sejumlah 16 Partai Politik di tingkat DIY,  diantaranya Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Demokrat (PD), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP Indonesia), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya (Berkarya), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Golongan Karya (Partai Golkar),Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Penandatanganan seluruh Berita Acara Hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 dilakukan sekaligus setelah palu sidang diketok oleh Ketua KPU DIY menandakan berakhirnya Rapat Pleno Terbuka kali ini. Berita Acara dimaksud langsung diserahkan kepada parpol, Bawaslu DIYm dan akan dikirimkan kepada KPU RI. Selanjutnya  KPU RI akan melakukan Rapat Pleno secara Nasional. Secara umum Rapat pleno terbuka yang telah dilaksanakan oleh KPU DIY berjalan lancar dan kondusif. (Admin/Foto:Hupmas)