JURUS JITU “ZUMBA SERU BARENG KPU”

JURUS JITU “ZUMBA SERU BARENG KPU”

Ratusan orang dengan sangat antusias bergoyang bersama dalam acara Sosialisasi Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) yang dikemas dengan cara yang menarik dan “kekinian”, bertajuk “Zumba Seru Bareng KPU” di sepanjang jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Minggu pagi, 11 Februari 2018.

Tampak masyarakat yang hadir  memenuhi Jalan yang terletak tepat dijantung Kota Yogyakarta. Mereka terlihat seru-seruan bersama, berjoget, menggoyangkan badan mengikuti irama dentuman musik yang menggema. Tidak hanya senam zumba, setelah selesai senam dilanjutkan dengan Sosialisasi Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu 2019 oleh KPU DIY.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, mengatakan, pihaknya sengaja mengemas sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu dengan cara fun dan seru agar bisa lebih banyak menjaring partisipasi masyarakat.

“Di forum ini kita berharap agar informasi mengenai pemilu khususunya pendaftaran dan juga verifikasi calon peserta pemilu khususnya perseorangan DPD itu bisa dibagikan dan diterima informasinya oleh masyarakat yang hadir,” ujar Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan.

Selain masyarakat dan stakeholder, senam zumba ini juga dihadiri narasumber Pejabat KPU RI, yakni Nur Syarifah Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI bersama Kepala Biro Umum KPU RI, Yayu Yuliani. Pejabat KPU RI tersebut juga menyampaikan materi sosialisasi mengenai pencalonan anggota DPD.

Melalui acara ini KPU DIY mensosialisasikan bagaimana masyarakat yang berkeinginan untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD, termasuk mekanisme prosedur, dan syarat-syarat pencalonan.

Hamdan berharap melalui “Zumba Seru Bareng KPU” masyarakat Yogyakarta bisa mengambil bagian dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU. Hadir pula  7 komunitas yang turut meriahkan acara ini. Dari mulai komunitas pecinta lingkungan, tarian tradisional, komunitas senam, koko dan cici Jogja.

 Edukasi masyarakat lewat Pemilu Expo

Stan Pemilu Expo dari KPU DIY digelar dalam acara sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu yang dikemas dalam “Zumba Seru Bareng KPU”. Stan yang berdiri tidak jauh dari panggung utama ini menarik minat pengunjung dengan adanya kuis kepemiluan serta tersedianya booth untuk para pengunjung bisa berfoto-foto.

Para pengunjung terlihat antusias dan semangat mengikuti kuis kepemiluan tersebut yang berhadiahkan goodybag menarik dari KPU DIY. Satu-persatu pengunjung stan Pemilu Expo dengan lancar menjawab pertanyaan yang diabadikan dalam sebuah video kuis interaktif.

Tujuan diadakanya “Pemilu Expo” ini sebagai salah satu upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui dan mengenal lembaga penyelenggara pemilu, tugas, kewenangan dan semua aktifitas dalam menyelenggara kan Pemilihan Umum.

Disampaikan pula oleh Nur Syarifah, Kepala Bagian Tekmas KPU RI kegiatan Pemilu Expo ini memiliki banyak manfaat untuk mengedukasi masyarakat terkait kepemiluan. Harapannya kegiatan ini tidak hanya diadakan sekali namun berkali-kali sampai pada hari pemilihan. Ia juga berpesan bahwa sebagai pemilih harus berdaulat karena dengan menjadi pemilih berdaulat, pemilih akan memiliki kemauan dan kemampuan untuk menyaring informasi terkait isu sara, hoax dan intimidasi.

Sejumlah door prise dibagikan dalam kegiatan berupa televisi LED, sepeda, mesin cuci dan sejumlah barang elektronik lainnya. Dan tidak ketinggalam grand prise berhadiah uang tunai bagi peserta senam.

Peserta zumba begitu antusias mengikuti acara hingga selesai seperti yang diungkapkan Tiyuk, peserta dari Paguyuban olahraga goyang Jogja. Ia mengaku sangat senang bisa mengikuti acara zumba ini. Menurutnya, walaupun ada acara sosialisasi dari KPU DIY tapi bisa dikemas dengan sangat menghibur dan tidak menjenuhkan. “Acaranya bagus. Acara sosialisasi dari KPU ini bisa lebih terhibur, dan saya senang, tidak jenuh,” ungkapnya. (Admin/Foto:Hupmas)