KPU DIY Selenggarakan Penyusunan Rencana Kerja 2016

KPU DIY Selenggarakan Penyusunan Rencana Kerja 2016

Yogyakarta – Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, mengamanatkan penerapan secara penuh penganggaran berbasis kinerja, anggaran terpadu, dan kerangka pengeluaran jangka menengah. Rencana Strategis (Renstra) KPU pun mengalami penyempurnaan dengan ketepatan sasaran, outcome, kegiatan, dan output. Demi kelancaran dan keserasian pada program dan kegiatan antara KPU DIY dengan KPU Kabupaten/Kota se-DIY yang mengacu pada Renstra KPU, KPU DIY menyelenggarakan Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2016 KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota se-DIY. Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa (22/9) di Ruang Rapat Lantai 2 KPU DIY, dan dihadiri oleh Ketua Divisi Perencanaan, Sekretaris, serta Kepala Sub Bagian Program dan Data KPU Kabupaten/Kota se-DIY.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, S.IP, M.A menyampaikan bahwa renja satuan kerja adalah tonggak awal penyusunan RAPBN. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, bahwa penyusunan RAPBN berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dengan memperhitungkan ketersediaan anggaran. RKP merupakan dokumen perencanaan tahunan yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan RAPBN serta dasar pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Kementerian/Lembaga. RKP kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam Rencana Kerja Kementerian/Lembaga (Renja K/L).

Dalam kegiatan ini, masing-masing Ketua Divisi Perencanaan KPU Kabupaten/Kota se-DIY memaparkan Rencana Kerja Tahun 2016 yang telah disusun. Setelah pemaparan, akan dilakukan telaah berdasarkan sinkronisasi kegiatan antara KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota se-DIY. (*m2.Foto: m2)