KPU DIY Lakukan Koordinasi Jelang Penetapan Paslon

KPU DIY Lakukan Koordinasi Jelang Penetapan Paslon

Yogyakarta – Jelang penetapan pasangan calon (paslon) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 di Daerah Istimewa Yogyakarta, KPU DIY melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota se-DIY terutama dengan KPU Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada Tahun 2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 2 KPU DIY pada Rabu (19/8), bertajuk Koordinasi Perkembangan Tahapan Pilkada. Hadir dalam acara, Ketua Divisi Hukum dan Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se-DIY, beserta Sekretaris/Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten/Kota se-DIY.

Membuka kegiatan koordinasi, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, S.IP, MA mengatakan bahwa berkaitan tahapan pencalonan, harus menetapkan pasangan calon sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Republik Indonesia yakni tanggal 24 Agustus 2015. Salah satu indikator keberhasilan adalah taat jadwal, dan perlu meningkatkan ketelitian dalam meneliti dokumen calon, dengan mekanisme penetapan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015.

Diingatkan pula oleh beliau, dikarenakan tahapan Pilkada masih panjang, maka soliditas perlu ditingkatkan. Seluruh keputusan penting diputuskan berlima melalui Rapat Pleno, karena memiliki konsekuensi hukum. Jangan merasa menjadi yang paling penting, karena seluruh unsur Komisioner adalah penting.

Seusai sambutan Ketua KPU DIY, Ketua Divisi Hukum dan Ketua Divisi Teknis dari KPU Kabupaten Sleman, KPU Kabupaten Gunungkidul, serta KPU Kabupaten Bantul bergantian menyampaikan perkembangan tahapan pencalonan dan pemutakhiran daftar pemilih di masing-masing kabupaten. Ketiga kabupaten tersebut akan menetapkan pasangan calon pada 24 Agustus 2015 dan pengundian nomor urut pada 25 Agustus 2015. Disampaikan pula perkembangan yang terjadi dalam pemutakhiran daftar pemilih di tiga kabupaten tersebut, serta perencanaan untuk menghadapi masa kampanye yang dimulai pada 27 Agustus – 5 Desember 2015. (*sa.Foto: aw)