Sukamto: Penghargaan PNS Berprestasi adalah Penghargaan untuk Kita Semua

Sukamto: Penghargaan PNS Berprestasi adalah Penghargaan untuk Kita Semua

Yogyakarta – Pria berambut mengombak itu tersenyum haru. Piala dan sertifikat sebagai PNS Berprestasi Tingkat Sekretariat Komisi Pemilihan Umum se-Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015 dipegangnya erat ke dada. Mantap, Sukamto –PNS Pemerintah Kota Yogyakarta yang sejak 2003 ditempatkan di Sekretariat KPU Kota Yogyakarta– berkata, “Penghargaan PNS berprestasi adalah penghargaan untuk kita semua.” Lebih lanjut, bapak dari dua anak lelaki yang ditemui usai upacara bendera di pelataran kantor KPU DIY ini menambahkan, “Bagi saya pribadi, sekecil apapun yang kita lakukan berikanlah yang terbaik. Baik ucapan, perbuatan, maupun pekerjaan. Penting sekali juga, untuk amanah, istiqomah, dan menjalin komunikasi serta kerjasama antar teman, maupun lembaga.”

Penghargaan PNS (Sekretariat KPU) berprestasi merupakan penghargaan bagi PNS yang bekerja di KPU. Parameter penilaiannya meliputi orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan. Masing-masing dinilai oleh atasan dan rekan kerja, dengan menggunakan rujukan ukuran kualitatif (sangat baik, baik, kurang baik, dan tidak baik). Sebagaimana disebutkan dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal KPU Nomor 1021/SJ/VII/2015, penghargaan tersebut ditujukan untuk memberi motivasi PNS agar meningkatkan kinerja. Juga untuk mendorong PNS agar menunjukkan sebaik-baiknya prestasi kerja secara kompetitif.

Sejalan dengan tekad Pemerintah untuk membudayakan semangat, “Ayo Kerja”, penyerahan piagam  penghargaan PNS KPU Berprestasi di DIY, dilakukan dalam rangkaian upacara bendera menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-70. Upacara ini dilaksanakan di pelataran kantor KPU DIY, Senin (17/8), dengan diikuti oleh Komisioner dan pegawai sekretariat KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota se-DIY.

Selain meraih penghargaan sebagai PNS KPU Berprestasi se-DIY, Sukamto juga meraih penghargaan sebagai PNS KPU Berprestasi Tingkat Sekretariat KPU Kota Yogyakarta. Berturut-turut, peraih penghargaan PNS KPU Berprestasi Tingkat Sekretariat KPU DIY, KPU Kabupaten Bantul, KPU Kabupaten Kulon Progo, KPU Kabupaten Gunungkidul, KPU Kabupaten Sleman, adalah Asita Widyasari, S.IP, Deny Widyaningsih, S.H, Endah Dwi Artini, S.E, M. Makmuri Taufiqur Rohman, A.Md, dan Indra Yudistira, S.H. Masing-masing penerima penghargaan ini menerima piagam yang diserahkan oleh Sekretaris KPU DIY. Sedangkan piala dan piagam bagi PNS Berprestasi Tingkat Sekretariat Komisi Pemilihan Umum se-Daerah Istimewa Yogyakarta diserahkan oleh Ketua KPU DIY. (*fitH.Foto: fa)