RAKOR PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN DENGAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Yogyakarta, diy.kpu.go.id  – Bertempat di Ruang Rapat Lt. II Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan pemangku kepentingan, Rabu (13/07). Kegiatan dihadiri oleh KPU Kabupaten / Kota Se – Daerah Istimewa Yogyakarta bersama stakeholder terkait diantaranya  perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masing – masing wilayah dan dihadiri anggota KPU RI Ilham Saputra.

Salah satu tahapan pemilihan umum (pemilu) yang krusial adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih. Sorotan masyarakat dan peserta pemilu yang muncul dari penyelenggaraan pemilihan umum adalah terkait dengan penyusunan daftar pemilih seperti tingkat validitas data pemilih, banyaknya pemilih tambahan yang tidak tercantum dalam daftar pemilih ataupun pemilih pindahan antar daerah yang belum dilakukan sinkronisasi sehingga muncul sebagai pemilih ganda. Untuk meminimalisir hal tersebut dilakukan dengan melakukan updating data pemilih berkala yaitu pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan.

Ilham menyampaikan pentingnya pemeliharaan data pemilih dengan melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkala di setiap semester berkoordinasi dengan pihak stakeholder seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masing – masing wilayah, selanjutnya operator sidalih akan melakukan update data pemilih ke dalam sidalih jelasnya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan operator helpdesk Sidalih KPU RI dengan melakukan kegiatan pendampingan bimbingan secara teknis kepada operator sidalih KPU Kabupaten Kota untuk pelaksanaan pemutakhiran data pemilih melalui portal sidalih. (*admin/foto: Tekmas)



Artikel Terkait