PILKADA 2017 DI KOTA YOGYAKARTA DAN KULON PROGO

Yogyakarta – Rabu, 15 Februari 2017, warga Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo menggunakan hak pilih untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati. KPU DIY ikut memantau proses pemungutan dan penghitungan suara, proses tersebut berjalan lancar di kedua daerah. Pada malam sebelum hari pemungutan suara (14/02), KPU DIY juga melakukan monitoring persiapan di TPS-TPS dan memastikan logistik telah terdistribusi.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memulai proses pemungutan suara tepat pada pukul 07.00 WIB, dan menutupnya pukul 13.00 WIB. Berdasarkan pantauan KPU DIY di TPS-TPS, proses penghitungan suara sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang memayunginya, di akhir penghitungan para saksi mendapatkan salinan form C-KWK.

Saat ini, KPU DIY melakukan pendampingan proses rekapitulasi penghitungan suara yang sudah mencapai tingkat Kecamatan. Kabupaten Kulon Progo sudah menyelesaikan semua rekapitulasi dan sudah ditetapkan hasilnya di tingkat Kecamatan. Sedangkan KPU Kota Yogyakarta masih menunggu beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyelesaikan proses rekapitulasi suara. Proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota akan dilaksanakan pada Rabu (22/02) mendatang.

Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 298.989 pemilih untuk Kota Yogyakarta dan 332.211 pemilih untuk Kabupaten Kulon Progo, KPU DIY mengharapkan target partisipasi pemilih dapat tercapai. Penetapan 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional oleh pemerintah dapat mempermudah masyarakat menggunakan hak pilihnya.

Antusias masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada ini terlihat pada beberapa TPS unik dan kreatifitas KPPS untuk menarik perhatian pemilih. Pilkada kali ini diharapkan terus berjalan aman dan kondusif sampai dengan proses penetapan hasil Pilkada di tingkat Kabupaten/Kota. Apa pun hasilnya, semoga Pilkada 2017 mampu menghasilkan pemimpin yang amanah bagi seluruh masyarakat Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo (*admin/foto:humas)



Artikel Terkait