Video Tutorial Mutarlih, Sosialisasi Ala KPU Kabupaten Bantul

Ada yang menarik dalam salah satu sesi pemaparan materi dalam Bimbingan Teknis tentang Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Gedung Parasamya lalu. Peserta bimtek yakni anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Bantul diberikan sebuah sosialisasi mekanisme pemutakhiran daftar pemilih. Sosialisasi mekanisme pemutakhiran daftar pemilih ini dibuat dalam bentuk video tutorial.

Dijelaskan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Humas KPU Kabupaten Bantul Titik Istiyawatun Hasanah, S.IP, keberadaan video tutorial ini memang sebagai salah satu bentuk sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015. “Tujuan pembuatan video tutorial pemutakhiran daftar pemilih adalah sebagai salah satu alat sosialisasi berkaitan pemutakhiran daftar pemilih, baik bagi petugas yang akan menjalankan tugas pemutakhiran, maupun bagi masyarakat luas,” terang beliau.

Ada 3 (tiga) tema yang direncanakan oleh KPU Kabupaten Bantul akan dibuat bentuk video tutorialnya, yakni pemutakhiran data dan daftar pemilih, pemungutan suara, serta penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara. “Saat ini yang sudah selesai dibuat baru tema pemutakhiran daftar pemilih, untuk dua tema lainnya sedang dalam proses pembuatan,” tandas Titik.

Video tutorial pemutakhiran daftar pemilih dikerjakan dalam waktu 1 (satu) bulan, bekerja sama dengan Laboratorium Televisi dan Film Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia. Kepala Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan berkesempatan turut serta dalam pembuatan video tutorial pemutakhiran daftar pemilih. Sedangkan untuk para pemeran yang terlibat di dalamnya, selain dari UII, juga diambil dari Staf Sekretariat KPU Kabupaten Bantul dan warga sekitar.

Titik memaparkan, dari pembuatan video tutorial ini pihaknya menginginkan seluruh penyelenggara Pemilu yang terlibat dalam Pilkada, bisa memahami secara benar mengenai mekanisme pemutakhiran data dan daftar pemilih. Sehingga nantinya bisa menghasilkan daftar pemilih yang akurat, komprehensif, dan mutakhir. Sedangkan bagi masyarakat luas, melalui video tutorial ini diharapkan dapat lebih peduli terhadap daftar pemilih. Jika belum terdaftar dalam daftar pemilih, dapat langsung melapor kepada petugas pemutakhiran daftar pemilih. “Kami sangat berharap masyarakat dapat lebih peduli dalam mencermati daftar pemilih yang dihasilkan oleh petugas pemutakhiran, sehingga daftar pemilih yang nantinya ada adalah benar-benar daftar pemilih yang berkualitas,” tutur Titik menutup pembicaraan. (*m2.Foto: video mutarlih)



Artikel Terkait